Cara Membuat Kolak Pisang Campur yang Enak dan Mantap

Posted on

Tentunya baik di cuaca panas ataupun dingin sajian satu ini tidak akan tergantikan rasa dan kenikmatanya apa lagi saat bulan ramadhan dimana bulan ini merupakan bulan yang sangat ditunggu oleh umat muslim untuk memfokuskan diri untuk beribadah serta dibulan ini sangat banyak jajanan kuliner yang menggugah selera oleh karenanya di bulan Ramadhan seringkali kita temui menu makanan yang khas, salah satunya adalah menu buka puasa yang identik dengan rasa manis misalnya kolak pisang campur.

Baca Juga : Cara Membuat Kolak Candil Ubi Merah

Kolak pisang merupakan salah satu menu yang spesial dan banyak dicari oleh orang saat berbuka puasa karena rasanya yang manis berguna untuk cepat memulihkan kondisi tubuh yang lemas. Meskipun kita malas membuat kita bisa memperolehnya dipasar karena sangat banyak dijajakan di pasar akan tetapi tidak ada salahnya anda mencoba sendiri untuk meraciknya di dapur anda sendiri sambil menunggu berbuka.

Anda dapat memilih jenis pisang seperti pisang kepok, janten, raja untuk dijadikan kolak akan tetapi untuk kesempatan kali ini kami akan menggunakan pisang kepok. Pisang kepok ini akan saya gunakan karena merupakan jenis pisang yang cukup besar dan gempal. Adapun manfaat dan kelebihan pisang kepok yang perlu anda ketahui adalah pisang kepok mampu menetralkan gangguan pencernaan yang sering diderita seperti diare, sakit maag dan sembelit. Berikut adalah cara yang mudah dapat anda lakukan dirumah untuk membuat kolak pisang campur yang enak dan mantap dengan resep yang sederhana.

Bahan-Bahan Membuat Kolak Pisang Campur:

  • 2 buah pisang raja (250 gram), dipotong miring atau sesuai selera
  • 200 ml santan cair
  • 250 ml santan kental
  • 250 gram gula merah
  • 100 gram kolang-kaling
  • 100 gram labu kuning
  • 100 gram ubi
  • Garam secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
  • Vanila setengah sdt

Cara Membuat Kolak Pisang Campur:

  1. Pertama-tama siapkan panci yang sesuai kemudian anda dapat memanaskan panci kemudian tuangkan santan cair, kemudian tambahkan dengan gula jawa dan aduk hingga gulanya larut. Sebaiknya gula yang akan anda masukan kedalam santan di iris terlebih dahulu untuk memudahkan gula merah larut dalam santan.
  2. Jika gulanya sudah larut langkah berikutnya masukan daun pandan, garam dan vanila secukupnya, aduk kembali hingga mendidih.
  3. Apabila semua bahan tadi sudah anda masukkan dan sudah mendidih anda dapat memasukan labu kuning kemudian ubi merah. Hal ini dilakukan karena ke dua bahan tersebut membutuhkan waktu yang lama ketika dimasak.
  4. Selanjutnya anda dapat menambahkan pisang kepok dan kolang kaling kemudian masak pada api yang sedang.
  5. Terakhir anda dapat memasukan santan kental , aduk perlahan hingga masak, kemudian sajikan.

Cara membuat kolak pisang campur yang enak dan mantap sudah selesai selamat mencoba dirumah dan jangan lupa share resep ini ke rekan-rekan anda. Terima Kasih.!!!