Bagian-bagian tengkorak manusia

Posted on
Bagian-bagian tengkorak manusia
Bagian-bagian tengkorak manusia

Tidak bisa dipungkiri jika manusia bisa bergerak karena adanya rangka dan otot. Rangka tersebut tidak dapat bergerak sendiri melainkan dibantu oleh otot agar bisa bergerak. Dengan adanya kerja sama antara rangka dan otot sehingga manusia yang sehat dapat berlari, melompat, berjalan, dan Banyak melakukan kegiatan sehari-hari. Rangka manusia sendiri tersusun oleh tulang-tulang yang jumlahnya kurang lebih 200 buah. Tulang-tulang tersebut membentuk sistem dan tersusun dengan sistematis yang disebut rangka.

Tulang-tulang yang menyusun rangka ada 2 jenis, yaitu tulang rawan dan tulang keras. Tulang sejati atau disebut tulang keras memiliki sifat keras dan lebih banyak mengandung zat kapur. Tulang rawan merupakan tulang yang lunak dan lentur, antara lain tulang yang menyusun tulang hidung, telinga, dan persendian. Tulang rawan tersusun atas k0lagen protein yang liat dan kenyal serta elastin pr0tein yang lentur. Tulang pada bayi banyak tersusun atas tulang rawan.

Guna rangka pada manusia adalah:

  1. memberi bentuk pada tubuh,
  2. melindungi alat-alat tubuh yang lunak seperti otak, hati, paru-paru, jantung, dan organ-organ dalam penting lainya.
  3. tempat melekat atau menempelnya otot dan urat (alat gerak aktif),

1. Bagian Tengkorak

Tengk0rak terdiri atas tengk0rak wajah (muka) dan tengk0rak pelindung 0tak.

a. Bagian Tengkorak wajah (muka)

Tengk0rak wajah terdiri atas tulang-tulang sebagai berikut.
1) Tulang rahang atas
Tulang rahang atas ini jumlahny ada 2 buah, merupakan tempat melekatnya gigi atas serta membatasi dinding r0ngga hidung.
2) Tulang rahang bawah
Adapun untuk tulang rahang bawah sendiri membentuk huruf U dengan setiap ujungnya terdapat 2 cabang. Setiap ujung cabang tersebut mempunyai bentuk menyerupai benj0lan yang merupakan tempat tertanamnya
gigi bawah.
3) Tulang langit-langit
Tulang langit-langit terdiri atas 2 buah tulang yang memisahkan r0ngga mulut dengan r0ngga hidung.
4) Tulang pipi
Tulang pipi terdiri atas 2 buah tulang. Tulang pipi bergabung dengan tulang pelipis membentuk lengkung tulang pipi dan r0ngga mata dari bagian samping dan bawah.
5) Tulang pisau luku
Tulang pisau luku terdiri atas 2 buah tulang. Tulang ini merupakan bagian bawah dari sekat r0ngga hidung juga merupakan bagian dari tulang muka. R0ngga hidung juga ditutupi dengan dua buah tulang.

b. Fungsi Tengkorak Sebagai pelindung 0tak

Tengk0rak pelindung 0tak terdiri atas tulang-tulang sebagai berikut.
1) Tulang pelipis
2) Tulang ubun-ubun
3) Tulang tapis
4) Tulang dahi
5) Tulang baji
6) Tulang belakang kepala

Deikianlah artikel tentang Bagian-bagian tengkorak manusia yang bisa kami berikan, semog aartikel yang kami berikan ini bermanfaat untuk anda.

(Visited 112 times, 1 visits today)